Is there any question?




Tsurumi's Bloggie

funwithjapan.blogspot.co.id


Credit クレジット
Template      :  Ghita
Editor           :  Aika//Ghita
Inspiration      :  Hana
Online          :  

















"Seifuku" Seragam Sekolah Di Jepang

Thursday, August 29, 2013 | 2:59 PM | 2 comment
Seifuku(Sera Fuku) adalah seragam dengan gaya umum yang dikenakan oleh siswa perempuan di sekolah menengah,secara tradisional dikenakan oleh siswa SMA,dan terkadang siswa Sekolah Dasar juga mengenakannya(´⌣`ʃƪ).

Diperkenalkan sebagai seragam sekolah pada tahun 1920 di Heian Jogakuin dan 1921 oleh kepala sekolah Fukuoka Jo Gakuin University Elizabeth Lee. Ini adalah model seragam sekolah di Jepang setelah Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada saat itu.Dan seifuku ini telah mengalami beberapa perubahan.
Zaman dulu anak-anak putri Jepang mengenakan kimono ketika bersekolah yang tentu saja menyulitkan gerak gerik mereka ketika beraktifitas terutama berolahraga. Kemudian Ibu Elizabeth Lee teringat dengan model seragam yang dipakainya ketika belajar di Inggris, yaitu baju Sailor/Pelaut. Tahun 1918, Ibu Elizabeth meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan baju atasan seragam anak-anak putri. Tetapi Baju sailor itu ternyata robek ketika dipakai berolah raga, maka Ibu Elizabeth menyarankan agar dipasang resleting di bagian kiri/kanan baju dari arah ketiak.Tapi kelihatannya resleting ini tidak lazim dikenakan.



Kendala selanjutnya gerakan anak-anak masih terhambat karena rok yang mereka pakai masih berbentuk lurus panjang. Ibu Elizabeth pun datang kembali ke penjahit dan menjelaskan agar dibuat rok yang memudahkan anak-anak bergerak. Penjahit mendapat ide membuat rok berlipit-lipit setelah melihat gorden yang tertiup angin tetapi setelah itu dan dapat kembali ke bentuk semula. Akhirnya dibuatlah rok lipit-lipit. Tapi lambat laun rok yang dipakai siswi-siswi Jepang semakin pendek.

Pada tahun 1921, pertama kali pemakaian seragam sailor di Jepang. Pada tahun yang sama, sekolah Kinjou gakuin di Aichi juga memutuskan menggunakan seragam sailor. Adapun anak laki-laki mereka berseragam seperti tentara Jepang dulu, lengkap dengan topinya yang disebut dengan `gakuran`. Sebenarnya pakaian sailor untuk siswi sebenarnya juga agak berkesan militer.

Seragam sailor biasanya dilengkapi dengan dasi, lalu disertai rok kotak-kotak berlipit-lipit, dan pada musim dingin para siswi sering memadukannya dengan Loose Shocks (kaus kaki kedodoran).Di beberapa sekolah seragam sailor tidak dipakai lagi, tapi diganti dengan blazer atau kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan tetap pendek, Anak-anak SMA di jepang lebih modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik.

Berbagai sekolah yang dikenal dengan seragam khusus mereka. Seragam dapat memiliki karakteristik nostalgia bagi mantan siswa, dan sering dikaitkan dengan pemuda relatif riang. Seragam kadang-kadang dimodifikasi oleh siswa sebagai sarana menunjukkan individualisme, termasuk memperpanjang atau memperpendek rok, menghapus pita, menyembunyikan patch atau lencana di bawah kerah, dll.Dalam dekade terakhir, varian berwarna cerah pelaut fuku juga diadopsi oleh Jepang yankee dan Bōsōzoku geng motor.

Labels: ,

2 Comments:
Blogger Small Leaf said...

Cute blog!

 
Blogger Ghiitaa Yogisuari said...

Thank you :)

 

Post a Comment






コメント
Recent Comment


ナビゲーションバー
Himitsu Box
A I K A
Misterious Box here ♥
Click and see the surprise \(´▽`)/~♡